Kamis, 20 Oktober 2011

 
Pengertian Dapur Umum
Penyelenggaraan Dapur Umum dilakukan apabila tidak memungkinkan bantuan mentah untuk korban bencana. Penyelenggaraan Dapur Umum untuk melayani kebutuhan makan para penderita / korban bencana bukan monopoli kegiatan penaggulangan tapi jadi bagian yg sangat penting dalam penanggulangan bencana.

dan para penggelola dari Dumlap ini sendiri di sebut satgas logistik'..
Satgas Logistik adalah Tim yang dibentuk untuk penugasan dibidang pengumpulan potensi dan sumber – sumber bantuan serta pendistribusiannya untuk penanggulangan bencana. Satgas Logistik bertugas untuk Pengelolah Bantuan Sosial terutama pada saat pertama bencana terjadi untuk memenuhi kebutuhan para korban bencana berdasarkan kaidah manajemen Logistik.

Dimana tugas Satgas Logistik ini banyak meliputi tentang kebutuhan pelaksanaan penanggulangan bencana mulai :
1.   Pra bencana        :

Persiapan kebutuhan logistic Pengadaan Kebutuhan logistic Penempatan kebutuhan logistic Keadministrasian Tenaga ahlinya Aspek kebersihan, kesehatan dan keamanan.
2.   Saat Bencana      :

Persiapan Kebutuhan logistic tanggap darurat Pendistribusian Kebutuhan logistic tanggap darurat Membuka Dapur umum lapangan Pencatatan administrasi Tanggap darurat.
3.   Pasca Bencana   :

Mengevaluasi kebutuhan korban. Rehabilitasi Kebutuhan Korban Pencatatan Administrasi
Dapur Umum Lapangan atau di Singkat DUMLAP

Dimana kondisi masyarakat masih sangat terbatas tentang pengetahuan manejemen penanggulangan bencana dan pengungsian, selain itu juga kurangnya dan lambatnya informasi yang dapat atau disampaikan kepada masyarakat. Sehingga masyarakat sebagian tidak sempat mengungsi, menyelamatkan nyawa diri sendiri, keluarga, harta benda dan lain – lainnya. Hal ini perlu diperhatikan agar tidak terjadi suatu hal yang tidak diingikan seperti korban bencana mengalami kelaparan dikarenakan tidak ikut suatu evakuasi.
pengertian tentang dapur umum lapangan adalah setiap personil Tagana harus banyak memahami materi yang telah dibukukan ini :

1.   Materi Pengenalan Alat Dapur Umum Lapangan.
2.   Materi Penyelenggaraan Dapur Umum Lapangan.
3.   Langka Kerja Regu Dapur Umum

 
 1.   Materi Pengenalan Alat Dapur Umum Lapangan.

Secara umumnya peralatan dapur umum lapangan sama dengan peralatan dapur skala rumah tangga, tetapi yang membedakan hanyalah tentang kapasitasnya saja. Selain kapasitas juga yang harus dimengerti adalah teknik kemasan alat dapur umum lapangan karena kegiatan dapur umum lapangan ini sangat mobile sehingga perlu suatu tempat kemasan yang dapat memudakan activitas personil dalam pelayanan penanggulangan bencana. Dapur umum lapangan yang disingkat dengan Dumlap, setiap kegiatan dapur umum lapangan dalam penanganannya sangat berbeda, sebab setiap pelayanan tim dapur umum lapangan ini juga ahli dalam pemahaman karakter jenis bencana dan penempatannya.  Sehingga pada saat waktu membuka kegiatan dapur umum lapangan tersebut bisa maksimal dan memenuhi standartnya. Yang perlu diperhatikan dalam membuka dapur umum juga harus dekat dengan akses jalan dan air bersih.

DAFTAR KEMASAN ALDUMLAP 30 ITEM , TIAP UNIT TERDIRI
No Item Size Qty
1.     Panci masak 10 liter 4                                   
2.   Panci masak 5 liter 4
3.   Sendok pembagi 1 liter 2
4.   Sendok pembagi 1/2 liter 2
5.   Sendok sambal tangkai panjang 2
6.   Serok penggorengan 2
7.   Gilingan daging dan pisau 2
8.   Loyang peniris 2
9.   Pembuka kaleng 2
10. Penjepit makanan 4
11. Alas pemotong / talenan 2
12. Pengaduk nasi kayu 2
13. Susuk wajan 2
14. Wajan alumunium besar 65 cm 1
15. Wajan alumunium sedang 50 cm 2
16. Takaran nasi 300 gr 2
17. Takaran nasi 400 gr 2
18. Takaran nasi 500 gr 2
19. Kocokan telur 2
20. Pisau dapur 24 cm 2

21. Pisau cincang / golok no. 2 1
22. Saringan santan 2
23. Parutan kelapa 2
24. Loyang sagun / serbaguna 2
25. Gayung besar1 liter 2
26. Sekop nasi alumunium 2
27. Pikulan bambu 1
28. Timbangan gantung15 kg 1
29. Batu asahan 2
30. Alat kemas
       a. Kontainer seng 1
       b. Band pengikat ketel 4
Catatan :
1.   Ketel - ketel dikemas dalam ban pengikat ketel
2.   Pikulan pengangkut bambu diikat menjadi satu set
3.    Bekal yang lainnya dikemas dalam kontainer seng.

Macam Jenis Kompor Lapangan.

 Terdapat 2 type kompor lapangan ini yaitu dengan bahan  bakar minyak tanah dan bahan bakar gas.
Satu set kompor ini terdiri dari 2 sumbu sehingga akan lebih mempercepat memasak dalam jumlah yang besar.
Kompor ini akan di packing dalam box yang kuat sehingga bisa dibawa kemana-mana dengan simple dan mudah

Mobil Dapur umum lapangan ini adalah sarana transportasi untuk pelayanan korban bencana, dalam penanggulanan bencana mobil dapur umum lapangan selalu siap dalam keadaan ready :
Ready engine motornya  Ready stock logistic tanggap darurat  Ready sarana penunjang posko logistic, alat dapur umum, tenda, peralatan safety personal.dan Alkom. Regu :
Satu regu yang menangani 1 unit dapur umum dengan kapasitas maksimal melayani 500 orang sekurang-kurangnya terdiri dari :
1.1 orang Ketua Regu
2.1 orang Wakil Ketua Regu
3.1 orang Penanggungjawab Tata Usaha
4.1 orang Penanggungjawab Peralatan dan Perlengkapan
5.1 orang Penanggungjawab Memasak
6.1 orang Penanggungjawab Distribusi
7.Beberapa orang tenaga yang membantu terdiri dari unsur masyarakat di daerah bencana dan sekitarnya

Kelompok :
Bila diperlukan lebih dari satu regu Dapur Umum sekaligus, maka regu – regu tersebut diberi nomor urut dan dihimpun dalam kelompok. Kelompok dipimpin oleh Ketua Kelompok dan jika perlu dibantu oleh seorang pembantu umum

Sektor :
Apabila masyarakat yang dilayani cukup besar jumlahnya dan terpencar di daerah yang cukup luas, maka kelompok-kelompok Dapur Umum tersebut dapat dihimpun dalam satu wilayah kerja yang disebut sektor. Sektor tersebut dipimpin oleh Ketua dan seorang pembantu umum

Pelaksanaan
Dalam menentukan lokasi agar memperhatikan hal-hal sebagai berikut :
1.Letak Dapur Umum dekat dengan posko atau penampungan supaya mudah dicapai atau dikunjungi oleh korban
2.Kebersihan lingkungan cukup memadai
3.Aman dari bencana
4.Dekat dengan transportasi umum
5.Dekat dengan sumber air

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pendistribusian :
1.Distribusi dilakukan dengan SABAR dan juga di iringi data yang akurat
2.Lokasi atau tempat pendistribusian yang aman dan mudah dicapai oleh korban
3.Waktu pendistribusian yang konsisten dan tepat waktu
4.Pengambilan jatah seyogyanya diambil oleh KK atau perwakilan yang sah
5.Pembagian makanan bisa menggunakan daun, piring, kertas, atau sesuai dengan pertimbangan aman, cepat, praktis, dan sehat

Lama penyelenggaraan :
1.Diselenggarakan bila situasi untuk memberikan bahan mentah tidak mungkin
2.Lamanya 1 – 3 hari untuk seluruh korban bencana
3.Hari ke 4 – 7 pemberian dilakukan secara selektif
4.Setelah lebih dari 7 hari diupayakan bantuan berupa bahan mentah

Kaitan Dapur Umum Dengan Standar Minimum

Standar-standar minimum ketahanan pangan, gizi, dan bantuan pangan adalah suatu pernyataan praktis dari asas-asas dan hak-hak seperti yang terkandung dalam Piagam kemanusiaan.Setiap orang berhak atas pangan yang cukup, hak ini diakui dalam Instrumen Hukum Internasional dan termasuk hal untuk terbebas dari kelaparan.

Aspek-aspek hak untuk mendapatkan kecukupan pangan tersebut di atas mencakup :
◙Ketersediaan pangan dalam jumlah dan kualitas yang cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi individu, bebas dari bahan-bahan yanag merugikan, dan dapat diterima dalam suatu budaya tertentu.
◙Pengan tersebut dapat dijangkau dengan cara berkesinambungan dan tidak mengganggu pemenuhan hak-hak asasi manusia lainnya

Pentingnya ketahanan pangan dalam masa bencana :
Ketahanan Pangan :
Tercapai ketika semua orang dalam masa apapun mempunyai akses fisik dan ekonomis terhadap pangan yang cukup, aman, dan bergizi untuk dapat hidup sehat

Penghidupan :
Terdiri dari kemampuan, harta benda, dan aktivitas yang diperlukan untuk sarana kehidupan yang terkait dengan pertahanan hidup dan kesejahteraan di masa mendatang

Kekurangan Gizi :
Mencakup satu cakupan berbagai kondisi termasuk kekurangan gizi akut, kekurangan gizi kronis, dan kekurangan vitamin dan mineral.


DISASTER ALERT cadets (Tagana) basically all the power components of community-based disaster. In particular elements of the younger generation. Taruna Words have meaning the younger generation, and words have meaning to the standby-ready of all the efforts to alert ... The word under any circumstances and catastrophe are the challenges and problems that the traffic system is a top priority in the pursuit and devotion to the disaster victims. Tagana also remain on the provision of humanitarian and community-based disaster management. all that exists in Corps NATIONAL DISASTER MANAGEMENT TASK FORCE SOCIAL ASSISTANCE, is holding the entire Corps Association Task Force on Disaster Reduction units Covers the Field of Social Assistance, UNIT SPECIAL DUTIES OF POST coordination NASIOANAL, SPECIAL TASK UNIT TEAM RAPID REACTION NASIOANAL, NASIOANAL LOGISTIC UNIT SPECIAL DUTIES, TASKS SPECIAL RESCUE UNIT NASIOANAL,, SPECIAL TASK UNIT SOCIAL NASIOANAL HUMANITY

1 komentar: